Selasa, Mei 28
Shadow

Spanyol vs Georgia: Gavi Alami Cedera Parah

Gavi alami cedera parah
Gavi alami cedera parah

CMD368 – Spanyol meraih kemenangan 3-1 atas Georgia dalam pertandingan terakhir kualifikasi Grup A Euro 2024 pada hari Minggu tanggal 19/11/2023. Namun kemenangan berujung pahit bagi tuan rumah setelah Gavi mengalami cedera lutut.

Spanyol, yang sudah pasti pemuncak grup, mengumpulkan 21 poin setelah tujuh kemenangan dalam delapan pertandingan. Hanya kalah dari tim peringkat kedua, Skotlandia, yang juga lolos ke babak final dengan 17 poin setelah bermain imbang 3-3 dengan Norwegia.

Georgia menempati posisi keempat dengan delapan poin, tiga poin di belakang Norwegia di posisi ketiga, sedangkan Siprus berada di dasar klasemen tanpa satu pun poin.

Bagi pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, ini merupakan kemenangan paling pahit dalam karirnya setelah Gavi, berusia 19 tahun dan bermain untuk Barcelona, harus meninggalkan pertandingan dengan air mata saat babak pertama sambil memegangi lututnya yang sakit.

La Furia Roja merasa terpukul ketika Gavi alami cedera parah saat bermain untuk Timnas Spanyol dalam pertandingan melawan Georgia.

Gavi Alami Cedera Pada Lututnya

“Ini adalah momen yang sangat sulit bagi Gavi, Barcelona, timnas, dan bagi saya, rasanya seolah-olah kita telah kalah dalam pertandingan,” ujar De la Fuente dalam konferensi pers. “Ini bagian buruk dari sepakbola. Saya sangat menyesal. Mari kita tunggu hasil tes untuk mengonfirmasi seberapa parah cederanya. Ini adalah kemenangan paling pahit yang pernah saya alami dalam hidup saya.”

Spanyol membuka keunggulan pada menit keempat setelah tendangan bebas dari Ferran Torres di sisi kiri disundul masuk oleh Robin Le Normand untuk gol internasional pertamanya.

Georgia menyamakan skor dengan Spanyol enam menit kemudian setelah serangan cepat dan penyelesaian sederhana dari pemain depan Khvicha Kvaratskhelia sebelum Gavi alami cedera parah dalam benturan dengan lawan.

“Kami tak dapat merayakan sebagaimana mestinya. Cedera Gavi adalah pukulan keras, saya benar-benar hancur,” kata Le Normand. “Pertandingan ini bukan pertandingan terbaik saya bersama timnas, masih ada hal-hal yang perlu di perbaiki.”

Tuan rumah memulihkan keunggulan mereka 10 menit setelah babak kedua dimulai dengan sundulan dari Torres. Merayakannya dengan mengangkat jersey nomor sembilan milik rekan setimnya di Barca, Gavi.

Luka Lochoshvili dari Georgia mencetak gol bunuh diri pada menit ke-72 untuk mengamankan kemenangan bagi Spanyol.

“Ini kemenangan penting untuk mengakhiri dengan catatan yang baik, namun kami pergi dengan perasaan pahit karena cedera Gavi,” ujar Torres. “Kami belum tahu seberapa parah cederanya, namun mengingat seberapa kuatnya Gavi, kami pikir ini bisa serius.

DAFTAR