Jumat, Mei 24
Shadow

Iran Lolos Ke Babak 16 Besar Piala Asia AFC Melawan Hongkong

Iran Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia AFC
Iran Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia AFC

CMD368 – Pertandingan ini merupakan salah satu ketidakseimbangan terbesar di turnamen ini di Qatar, dengan Iran menempati peringkat 21 di dunia dan Hong Kong 150. Iran berhasil lolos ke babak 16 besar dalam Piala Asia AFC melawan Hongkong

Iran juga termasuk favorit dan mengejar rekor empat kali juara benua. Namun meskipun mendominasi penguasaan bola, mereka hanya mencetak satu gol.

Mehdi Ghayedi melepaskan tembakan melintang di kotak enam yard dan melewati cengkeraman putus asa kiper Yapp Hung-fai pada menit ke-24, bola bersarang di sudut kanan bawah.

Meskipun senang mencapai 16 besar dengan satu pertandingan sisa di babak grup, pelatih Amir Ghalenoei “marah tentang peluang yang hilang dalam pertandingan ini”.

Sebenarnya, Hong Kong bermain dalam Piala Asia mereka yang pertama dalam lebih dari 55 tahun. Memiliki peluang di awal pertandingan, terutama saat penyerang kelahiran Brasil, Everton Camargo, melepas tendangan melambung dari dalam kotak.

Kesempatan yang terlewatkan terus bertambah untuk tim dari selatan China, yang kadang-kadang membuat Iran goyah di depan 36.412 penonton di Stadion Internasional Khalifa.

Hongkong Kalah, Iran Lolos Ke Babak 16 Besar Piala Asia AFC

Philip Chan, yang mencetak gol di gawang yang sama saat Hong Kong kalah 3-1 dari Uni Emirat Arab, melepaskan peluang emas setelah pertahanan Iran yang kacau.

Yapp berhasil menyelamatkan sundulan Shahriyar Moghanloo, sebelum wasit Hanna Hattab mengakhiri babak pertama yang tidak terduga ini.

Setelah melihat timnya gagal memberikan perlawanan kepada Iran, pelatih Hong Kong, Jorn Andersen, melakukan tiga pergantian pemain menyerang, memasukkan Stefan Pereira dan Michael Udebuluzor bersama gelandang Wong Wai.

Namun, skor tetap tidak berubah, Ramin Rezaeian dan Karim Ansarifard sama-sama gagal memanfaatkan peluang untuk memperbesar keunggulan Iran.

Rezaeian mengatakan setelah pertandingan bahwa “saya sendiri bisa mencetak tiga gol” sambil menyesalkan peluang yang terlewatkan oleh timnya.

Meskipun kalah berturut-turut, Andersen senang timnya dapat bermain sejajar dengan salah satu raksasa sepak bola Asia.

“Kami bermain dua pertandingan di mana kami tidak melihat perbedaan antara kedua tim,” katanya.

“Kami menekan mereka, menyerang mereka, menekan mereka, dan tim seperti Iran tidak tahu cara bermain sepak bola melawan kami.”

Selanjutnya bagi Hong Kong adalah Palestina yang menempati peringkat 99 pada hari Selasa. Lalu dalam turnamen di mana empat tim peringkat ketiga terbaik juga lolos, keduanya masih memiliki peluang.

DAFTAR

Baca juga: Barcelona Meluncur Ke Perempat Final Copa Del Rey